Apa Itu Talkback, Fitur yang Dipakai Putri Ariani untuk Balas Komentar di IG?


Putri Ariani saat tampil di Americas Got Talent. Putri membalas sendiri komentar di IG-nya dengan menggunakan fitur Talkback.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Peserta ajang pencarian bakat America’s Got Talent dari Indonesia, Putri Ariani, menjadi topik pembicaraan dalam beberapa terakhir. Selain musikalitas dan kemahirannya membaca Alquran, Putri kini menjadi perbincangan karena ternyata membalas sendiri komentar warganet di Instagram. Ini dianggap tak biasa karena Putri merupakan penyandang difabel netra.


Rupanya, Putri memanfaatkan fitur Talkback yang tersedia di ponsel. Dilansir situs web resmi Android, Talkback adalah pembaca layar bawaan langsung dari Android. Saat Talkback aktif, pengguna dapat berinteraksi dengan perangkat yang didukung Android tanpa melihat layar. Pengguna dengan gangguan penglihatan dapat mengandalkan TalkBack untuk menggunakan aplikasi ini.


Talkback dapat diaktifkan dengan buka aplikasi Setelan di perangkat. Lalu buka Aksesibilitas, dan pilih TalkBack. Di bagian atas layar Talkback, tekan Aktif/Nonaktif untuk mengaktifkan Talkback. Dalam dialog konfirmasi, pilih Oke untuk mengonfirmasi izin.


Saat pertama kali mengaktifkan TalkBack, tutorialnya akan diluncurkan. Untuk membuka kembali tutorial pada lain waktu, buka Setelan>Aksesibilitas>TalkBack>Setelan>Luncurkan tutorial TalkBack.

 


Setelah TalkBack aktif, ada dua cara umum untuk menjelajahinya:


1. Navigasi linier


Geser ke kanan atau ke kiri dengan cepat untuk membuka seluruh elemen layar secara berurutan. Ketuk dua kali di mana saja untuk memilih elemen layar saat ini.


2. Ketuk untuk info


Tarik jari kita di atas layar untuk mendengar konten di bawah jari kita. Ketuk dua kali di mana saja untuk memilih elemen saat ini.


Untuk menjelajahi aplikasi Anda dengan TalkBack, selesaikan langkah-langkah berikut:


1. Buka aplikasi


2. Geser setiap elemen secara berurutan.


3. Sambil menjelajah, temukan masalah berikut:

  • Dapatkah Anda menjangkau setiap elemen dengan menggeser?
  • Dapatkah Anda menyelesaikan alur kerja utama dengan mudah?
  • Apakah respons lisan untuk setiap elemen menyampaikan konten atau tujuannya secara tepat? Pelajari cara menulis label yang bermakna. Apakah pengumuman ringkas, atau terlalu panjang?
  • Jika notifikasi atau pesan sementara lainnya ditampilkan, apakah dibacakan?


 


 


 


 


 




Sumber: Republika