Bursa Pilkada Solo Versi Soloraya Polling, Ada Nama Kaesang Pangarep


Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat diwawancarai wartawan di kediaman Prabowo Subianto, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2024) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO –W akil Wali Kota Solo Teguh Prakosa menempati posisi pertama pada bursa Wali Kota Solo, 2024-2029 versi Soloraya Polling. Sedangkan Kaesang Pangarep berada di urutan ketiga setelah Kanjeng Gusti Mangkunegara X, Bhre Cakrahutomo.

Dari hasil survei 8-17 Maret, Teguh memiliki elektabilitas 35,3 persen dan tingkat popularitas 92,7 persen. Sedangkan Gusti Bhre dengan 78,5 persen kepopuleran dan 25,3 persen elektabilitas. Sedangkan Kaesang menjadi tokoh paling populer dengan persentase 92,9 persen dan elektabilitasnya 14,1 persen. 

Founder Soloraya Polling, Suwardi mengatakan ada 12 nama yang masuk dalam survei. Sedangkan survei sendiri melibatkan 640 responden dari 80 titik TPS di Kota Solo. Sedangkan, margin error dalam survei tersebut adalah 5 persen. 

“Hasil survei dengan margin error 5 persen itu jangan diterima kebenarannya 100 persen. Kita berasumsi bahwa tingkat kepercayaan kita adalah 95 persen,” kata Suwardi ketika ditemui awak media, Selasa (26/3/2024).

 

Suwardi menjelaskan kecenderungan responden, menginginkan Kota Solo dipimpin oleh tokoh berlatar belakang pengusaha, politisi, kalangan profesional serta santri. Setidaknya ada 66,1 persen responden yang menginginkan tokoh berusia 40-59 tahun dan  56,6 persen lainnya menginginkan tokoh paduan Islam dan nasionalis. 

 

Suwardi menjelaskan, tiga besar untuk bursa wakil wali kota Solo diisi Ketua DPD Golkar Solo Sekar Tandjung, RA Yashinta Sekarwangi dan Rektor UNSA Astrid.

“Saya membayangkan Indonesia itu sentral politiknya adalah Solo. Oleh karena itu maka pertarungan di Solo tidak sekadar perebutan kursi Wali dan wakil walikota tetapi juga gengsi partai politiknya,” katanya mengakhiri. 

 




Sumber: Republika