Hindari Penumpukan Kendaraan Pemudik, Menko PMK: Jangan Berlama-lama di Rest Area


Antrean kendaraan di Gerbang Tol Merak, Cilegon, Banten, Kamis (20/4/2023) dini hari. Kondisi arus lalu lintas di Gerbang Tol Merak menuju Pelabuhan Merak terjadi antrean kendaraan sekitar 2 kilometer pada pukul 01.22 WIB dini hari. Sementara, petugas kepolisian melakukan sistem tunda atau delaying system bagi pemudik di rest area KM 68 A untuk dilakukan pengecekan karcis penyeberangan serta untuk mengurai kemacetan di Gerbang Tol Merak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta seluruh pemudik untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya saat singgah beristirahat di rest area. Menurut dia, hal itu diperlukan untuk menghindari terjadinya penumpukan jumlah kendaraan di suatu rest area.

“Pesan saya kepada para pemudik pada kesempatan ini saya ingatkan untuk betul-betul memanfaatkan rest area sekedarnya saja jangan berlama-lama patuhi batas waktu yang telah ditentukan,” kata Muhadjir dalam siaran pers, Kamis (4/4/2024).

Hal itu dia sampaikan usai melakukan pengecekan jalur mudik di wilayah Jawa Tengah. Dia meninjau langsung kesiapan petugas dan menyimak paparan dari Polda Jawa Tengah dan stakeholder terkait strategi menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran 1445 H.

“Secara umum persiapan mudik di wilayah Jawa Tengah menurut saya sudah sangat bagus. Saya mengapresiasi Polda Jateng yang telah melakukan langkah-langkah cermat,” kata dia.

 

Muhadjir menyatakan, wilayah Jawa Tengah sebagai tumpuan arus mudik dimana nantinya para pemudik akan melewati Gerbang Tol Kalikangkung kemudian terpecah menuju ke Jawa Timur maupun ke daerah selatan Pulau Jawa seperti wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

“Jika penanganan mudik di wilayah Jawa Tengah ini berhasil, kita telah menyelesaikan 50 persen urusan mudik,” ujar dia. 

Muhadjir juga menerangkan, di setiap rest area akan disediakan fasilitas taman bermain bagi anak-anak, ruang laktasi untuk ibu menyusui, termasuk fasilitas lainnya untuk lansia dan difabel.

“Ini penting karena kita harus memberikan prioritas kepada para pengendara yang rentan termasuk ibu yg sedang menyusui, anak dan lansia serta yang difabel,” kata dia.




Sumber: Republika