Ilham Habibie Dapat Rekomendasi Nyagub dari Nasdem, Pilgub Jabar Dinilai Semakin Dinamis


Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kedua kiri) menyerahkan surat rekomendasi kepada putra Presiden ke-3 RI B.J. Habibie, Ilham Akbar Habibie (kedua kanan) di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (6/6/2024). Partai NasDem resmi menyerahkan surat rekomendasi dukungan kepada Ilham Akbar Habibie untuk maju pada kontestasi Pilkada Jawa Barat 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Pakar ilmu politik Universitas Padjadjaran Yusa Djuyandi mengatakan bahwa Pilkada Jawa Barat 2024 akan semakin dinamis. Ia menyampaikan pernyataan tersebut usai putra Presiden ke-3 RI B.J. Habibie, Ilham Akbar Habibie, diberikan surat rekomendasi dan dideklarasikan untuk maju di Pilkada Jabar oleh Partai Nasdem.

“Berarti bakal calon gubernur di Jabar akan diisi oleh beberapa calon yang sebenarnya mereka berlatar praktisi, seperti mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil dan Ilham,” kata Yusa, Selasa (11/6/2024).

Sementara itu, ia berpendapat bahwa sosok Ilham Habibie memang belum masuk radar bursa kandidat Pilkada Jabar, tetapi bukan berarti tidak memiliki peluang. “Beberapa partai kemungkinan besar akan menerima namanya di tengah tarik-menarik kepentingan pencalonan kader dari masing-masing partai,” ujarnya.

Oleh sebab itu, ia mengingatkan bahwa politik itu dinamis, terutama terkait Pilkada Jabar, meskipun sejumlah partai mempertimbangkan untuk mengusung Ilham Habibie.

sumber : Antara




Sumber: Republika