Ini Dinamika Lengkap di Peringkat FIFA Terbaru


Pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi seusai mengalahkan Vietnam pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 di Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3/2024). Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 3-0. Gol untuk Indonesia dicetak oleh Jay Idzes di menit ke-9, Ragnar Oratmangoen menit ke-23 dan Ramadhan Sananta di menit ke-98.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Timnas putra Indonesia naik secara signifikan ke peringkat 134 dunia FIFA. Indonesia menjadi negara dengan lonjakan peringkat terbesar di dunia, yakni delapan tingkat, dengan tambahan poin terbanyak (30,04 poin) setelah dua kemenangan atas Vietnam pada babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Saat ini timnas Indonesia mengoleksi 1102,7 poin dalam ranking FIFA. Dua kemenangan beruntun atas Vietnam juga menjadi modal bagi Indonesia untuk menyalip Malaysia. Malaysia yang menelan dua kekalahan dari Oman turun enam peringkat, sehingga membuat mereka berada di posisi ke-138 dunia.

Di sisi lain, Vietnam yang mengalami dua kekalahan dari Indonesia menjadi tim negara dengan penurunan paling drastis. The Golden Star Warriors turun 10 tingkat ke peringkat ke-115 dunia karena kehilangan 30,04 poin. Adapun Thailand masih menjadi tim Asia Tenggara dengan peringkat tertinggi di posisi 101 dunia.

Sementara itu, perubahan juga terjadi di peringkat 10 besar. Argentina dan Prancis masih memimpin di peringkat satu dan dua. Namun Belgia naik satu tingkat menggeser Inggris di peringkat ketiga. Selanjutnya Brasil duduk peringkat kelima untuk melengkapi posisi lima besar.

Kemudian Portugal (peringkat ke-6, naik 1) kini mengetuk pintu. Belanda (peringkat ke-7, turun 1) terpeleset satu peringkat, sedangkan Spanyol (peringkat ke-8), Italia (peringkat ke-9), dan Kroasia (peringkat ke-10) semuanya mempertahankan posisi mereka.

Amerika Serikat (peringkat ke-11, naik 2), Kolombia (peringkat ke-12, naik 2), Ukraina (ke-22, naik 2) dan Polandia (ke-28, naik 2) semuanya mengalami kemajuan dalam peringkatnya, begitu pula Ceko (ke-36, naik 4), Palestina (peringkat 93, naik 4) dan Republik Kyrgyzstan (peringkat 100, naik 4), semuanya telah mengambil langkah terbesar di antara 100 tim teratas.




Sumber: Republika