Kedubes Singapura Teruskan Tradisi Berbuka Bersama di Bulan Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pada Senin (25/3/2024), Kedutaan Besar Singapura di Jakarta, bersama Masjid Istiqlal mengadakan acara buka bersama dengan 100 anak-anak yatim. Bagi Kedutaan Besar Singapura, tradisi ini merupakan tradisi kenangan yang berharga untuk kembali berkontribusi kepada negara tuan rumah dan mempererat persahabatan dengan masyarakat Indonesia. 

Tahun ini, Kedutaan Singapura bermitra dengan Masjid Istiqlal untuk menyelenggarakan acara buka bersama, sekaligus menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445H. Acara yang digelar di Masjid Istiqlal telah mempertemukan orang Singapura dan orang Indonesia dari berbagai latar belakang.

Duta Besar Singapura untuk Indonesia, Kwok Fook Seng mengatakan, Kedutaan Singapura menyampaikan ucapan terima kasih yang paling tulus kepada Masjid Istiqlal atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk berbuka puasa bersama para tamu istimewa ini. “Bulan suci Ramadhan adalah waktu untuk merenung dan memperbaiki diri serta membantu sesama. Pada bulan ini, tradisi bagi kami untuk makan bersama komunitas negara tuan rumah, sekaligus mempererat persahabatan dengan masyarakat Indonesia,” ujarnya. 

Menurut Imam Besar Masjid Istiqlal Prof Dr KH Nasaruddin Umar MA, acara ini memiliki nilai yang sangat strategis. Dalam acara bertajuk “3 Days of Holy Ramadan With Singapore Embassy in Istiqlal,” selanjutnya dilaksanakan Pelatihan Bahasa dan Leadership untuk para Imam Masjid yang diikuti oleh 20 perwakilan masjid dari berbagai wilayah.

Peran Singapura bersama Indonesia sangat diperlukan untuk keamanan dua negara. Baiknya kerjasama Indonesia Singapura dalam menjaga model pemikiran Islam Indonesia yang moderat berpengaruh bagi stabilitas keamanan kawasan Asia Tenggara sampai, bahkan ke kawasan Pasifik. 

Nasaruddin juga sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas partisipasi dan kontribusi Kedutaan Singapura dalam mewujudkan acara ini, dan berharap agar program ini dapat berlanjut. Kedutaan Singapura mengukir sejarah dengan pertama kali menyelenggarakan santunan yatim di Masjid Istiqlal.

Dalam rangka acara bukber ini, Kedutaan Besar Singapura memberikan santunan kepada anak-anak yatim. Acara ini menjadi bukti persahabatan abadi antara Singapura dan Indonesia, serta memberikan momentum positif bagi pertukaran budaya di masa depan. Di bulan suci ini, Kedutaan Besar Singapura mengucapkan selamat Ramadhan yang damai dan berkah bagi seluruh umat Islam, serta Hari Raya Idul Fitri yang sangat membahagiakan. ‎

 



Sumber: Republika