Pelabuhan Merak Ramai Lancar pada H-7 Lebaran

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON — Pergerakan arus mudik melalui Penyeberangan Pelabuhan Merak menuju Bakauheni, Lampung berjalan ramai lancar pada H-7 Lebaran 2024.

Berdasarkan pantauan Antara di lokasi mulai dari Selasa (2/4/2024) malam hingga Rabu (3/4/2024) dini hari, kendaraan roda empat, bak terbuka, bus, dan truk yang hendak menyeberang menuju pelabuhan Merak, Banten terlihat ramai lancar.

Suasana kantong parkir di Pelabuhan eksekutif dan reguler pada Rabu dini hari juga tampak ramai.

Muhammad Andi, salah seorang pemudik, di Cilegon, Banten, mengatakan bahwa ia yang merantau ke Kramat Jati, Jakarta, mulai mudik ke kampung halamannya lebih awal.

“Saya dari Kramat Jati, Jakarta, mau mudik ke Lampung bareng anak sama istri,” katanya.

Ia memutuskan untuk pulang lebih awal karena jika nanti dilakukan mendekati Lebaran maka dikhawatirkan terjadi kepadatan kendaraan. Ia berkaca pada kejadian mudik pada tahun sebelumnya.

“Perjalan alhamdulillah lancar, makanya saya sengaja mudik awal menghindari macet,” katanya.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah memberlakukan ketentuan pembelian tiket online kapal ferry berlaku di Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ketapang, Pelabuhan Bakauheni, dan Pelabuhan Gilimanuk.

Untuk pemesanan tiket ferry dapat dilakukan sampai dengan batas radius maksimal lima kilometer sebelum pelabuhan.

Ketentuan itu ditetapkan dalam Surat Dirjen Hubdat AP.406/1/5/DJPD/2023 perihal Penataan Layanan Pemesanan Tiket Elektronik di Sekitar Pelabuhan.

 



Sumber: Republika