Pelindo dan Rumah Zakat Beri Edukasi Pengelolaan Sampah Bagi Warga


PT Pelindo dan Rumah Zakat bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jakarta Utara meluncurkan program untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pengelolaan sampah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Pelindo dan Rumah Zakat bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jakarta Utara meluncurkan program untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pengelolaan sampah di RW 08 Cilincing. Kegiatan yang melibatkan pengurus bank sampah ini melakukan pemilahan sampah botol menjadi beberapa bagian, termasuk sampah botol berwarna, tutup botol, dan botol aluminium dengan nilai jual berbeda. 

Pendekatan ini sejalan dengan upaya edukasi yang telah diberikan DLH Jakarta Utara pemilahan sampah sebagai langkah untuk menciptakan kesadaran akan pentingnya praktek pengelolaan sampah yang efektif. Program ini tidak hanya ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di RW 08 Cilincing, namun juga untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan. 

Ketua Bank Sampah Lena memberikan arahan kepada warga untuk secara aktif mengumpulkan sampah rumah tangga dan mendepositkannya ke bank sampah sebagai wujud keterlibatan langsung masyarakat dalam upaya ini.

Selain mengajak partisipasi langsung masyarakat, program ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran kolektif terhadap pentingnya pola pikir dan perilaku dalam pengelolaan sampah. Dengan demikian, diharapkan bahwa langkah-langkah konkret seperti ini akan membawa perubahan positif yang signifikan dalam menjaga kebersihan lingkungan serta memperbaiki pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.




Sumber: Republika