Penyebab Kecelakaan Beruntun di GT Halim Utama Diduga Akibat Truk Ugal-ugalan


Evakuasi kendaraan terlibat kecelakaan beruntun. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Penyebab kecelakaan beruntun yang melibatkan beberapa kendaraan di Gerbang Tol (GT) Halim Utama, Jakarta Timur pada Rabu (27/3/2024) diduga kibat kendaraan truk engkel yang berjalan secara ugal-ugalan. Sehingga kendaraan tersebut menyeruduk kendaraan yang di depannya hingga hampir terbalik.

Sampai dengan saat ini terdata sebanyak tujuh kendaraan terlibat dalam kecelakaan beruntun tersebut. “Diduga berkendara secara ugal-ugalan, kendaraan Truk Engkel (light truck) sebabkan kecelakaan di Gerbang Tol Halim Utama, kendaraan datang dari arah Jatiwaringin dan berkendara secara tidak teratur mendekati Gerbang Tol Halim Utama sehingga menabrak beberapa kendaraan di depannya dan berakhir terbalik miring,” tutur Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division, Widiyatmiko Nursejati kepada awak media, Rabu (27/3/2024).

Beruntung dalam kecelakaan lalu lintas tersebut, tidak ada korban jiwa. Namun dua orang alami luka ringan dan dilarikan ke Rumah Sakit Polri untuk penanganan luka.

Seluruh kendaaraan yang terlibat sedang didata dan saat ini sedang dalam penanganan petugas di lapangan. Imbas dari kecelakaan tersebut, tiga gardu tol Halim Utama ditutup sementara dan mengoptimalkan kapasitas gardu yang dapat beroperasi.

 

“Untuk menghindari kepadatan, pengguna jalan diimbau dapat mengantisipasi rute perjalanan dan memantau update kondisi informasi lalu lintas,” kata Widiyatmiko. 

Kecelakaan beruntun terjadi di Gerbang Tol Halim Utama dari arah Jatiwaringin, Bekasi menuju Tol Dalam Kota, Rabu (27/3/2024). Sebanyak lima kendaraan terlibat dalam kecelakaan tersebut dan dalam video yang beredar beberapa kendaraan menambrak gardu tol.

Adanya peristiwa kecelakaan lalu lintas ini dibenarkan oleh call center Jasamarga bernama Rizky. “Iya (kecelakaan) di gerbang tol. Kendaraan yang terlibat itu ada lima kendaraan, posisinya di gerbang tol sendiri. Kecelakaan sendiri, berada di gardu 2, 3, dan 4 terpisah-pisah,” tutur Rizky saat dihubungi awak media, Rabu (28/3/2024).  




Sumber: Republika