Sikap Terpuji Ernando, Pilih Merendah Meski Jadi Pahlawan Indonesia Saat Vs Australia


Piala Asia U-23 2024. Ernando Ari jadi elemen penting bagi timnas U-23 di ajang ini.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA — Kiper Ernando Ari Sutaryadi tampil impresif di sepanjang pertandingan antara Tim Nasional Indonesia U-23 versus Australia U-23 di Grup Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda unggul 1-0 atas Olyroos di Stadion Abdullah bin Klalifa, Doha, Kamis (18/4/2024) malam WIB.

Ia menepis sejumlah peluang emas tim lawan. Salah satunya ketika ia menahan tendangan penalti Australia di menit ke-25. Saat itu, bek tengah Indonesia, Komang Teguh dianggap handball.

Wasit sempat berkoordinasi dengan petugas VAR. Ia lalu melihat di tayangan ulang. Setelah memantau berkali-kali, ia menunjuk titik putih.

Mohamed Toure yang menjadi algojo, gagal menunaikan tugasnya dengan baik. Itu karena kejelian Super Ernando dalam membaca arah bola. Aksi sang kiper membuat anak asuh Shin Tae-yong mendapat energi tambahan.

STY bahkan menyebut itu sebagai momen paling krusial dari timnya di laga ini. Seperti sebuah titik balik. Setelahnya, Garuda Muda menunjukkan mental baja meredam setiap gempuran lawan.

Indonesia lalu unggul di menit ke-45. Komang Teguh membayar lunas kesalahannya. Ia mencatatkan namanya dengan sundulan, meneruskan bola tembakan Nathan Tjoe-A-on.

Selepas jeda, tekanan Ausralia semakin terasa. Berkali-kali Ernando berjibaku menyelamatkan gawangnya. Namun setelah pertandingan berakhir, ia memilih merendah.

“Alhamdulillah, kami meraih kemenangan penting hari ini melawan Australia. Kunci kemenangan adalah kerja keras semua pemain serta terimakasih atas doa dan dukungannya kepada kami,” kata Ernando seusai laga, di situs resmi PSSI, yang dikutip pada Jumat (19/4/2024).

Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-23 naik ke posisi kedua klasemen sementara di Grup A. Garuda Muda meraih tiga poin dari dua pertandingan. Pada partai pertama, awak merah putih takluk 0-2 dari tuan rumah Qatar U-23.

Kans Indonesia lolos ke tahapan berikutnya, terbuka lebar. Minimal meraih hasil imbang, Garuda Muda bakal melaju. Namun tentu saja, STY menargetkan kemenangan. 

Ernando Ari dan rekan-rekan jumpa Yordania U-23 pada partai pamungkas di Grup A. Duel tersebut berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Ahad (21/4/2024) pukul 22.30 WIB.




Sumber: Republika